JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (BTN) terus mencatat pertumbuhan positif dana kelolaan nasabah BTN Prioritas hingga akhir September 2025. Fund under management (FUM) BTN tercatat mencapai Rp54,3 triliun, naik 11,3% year-on-year (YoY) dari Rp48,8 triliun pada periode yang sama tahun lalu.
Kenaikan dana per nasabah BTN Prioritas konsisten melebihi benchmark Rp15 miliar. Data internal menunjukkan ada 450 nasabah dengan dana kelolaan Rp15 miliar hingga Rp100 miliar, yang total FUM-nya mencapai Rp21 triliun.
Peluncuran BTN Private untuk Nasabah Super Kaya
Melihat tren pertumbuhan ini, BTN resmi meluncurkan layanan BTN Private untuk nasabah dengan aset menembus Rp15 miliar. Layanan ini dirancang untuk mendampingi individu High-Net Worth Individual (HNWI) dan Ultra-High Net Worth Individuals (UHNWI) melampaui segmen BTN Prioritas.
Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu menegaskan, BTN Private sejalan dengan strategi Beyond Mortgage, yang fokus bukan hanya sebagai bank penyalur KPR. Tema layanan ini adalah “The Symphony of Private Banking: Harmony in Legacy & Lifestyle,” untuk mendampingi setiap fase kehidupan nasabah, baik pribadi, keluarga, maupun bisnis.
BTN Private dirancang bagi individu dengan visi jangka panjang. Layanan ini tidak hanya menekankan pada pembangunan kekayaan, tetapi juga pada pengelolaan nilai kekayaan, memperluas dampaknya, dan mewariskannya kepada ahli waris.
Segmentasi Nasabah BTN
Sebelum hadirnya BTN Private, BTN membagi segmentasi nasabah ritelnya menjadi empat kategori. Mass Segment merupakan segmen terbawah yang akuisisinya dilakukan melalui aplikasi Bale by BTN, kemudian BTN Prima atau Upper Mass Segment dengan saldo Rp10 juta hingga Rp100 juta.
Lalu ada BTN Prospera atau Emerging Affluent Segment dengan saldo Rp100 juta hingga Rp500 juta. Sedangkan di level teratas adalah BTN Prioritas dengan dana kelolaan Rp500 juta hingga Rp15 miliar, yang kini dilengkapi oleh BTN Private untuk nasabah super kaya.
Pengalaman Premium dan Benefit BTN Private
BTN Private didesain dengan fokus pada “experience” atau pengalaman layanan premium, personal, modern, dan bermakna. Setiap nasabah mendapat Private Banking Relationship Manager yang didedikasikan secara eksklusif untuk memenuhi kebutuhan finansial dan gaya hidup mereka.
Benefit BTN Private meliputi kartu debit Visa Infinite Debit Card, cashback hingga Rp37,5 juta untuk penempatan dana baru, serta menginap gratis di hotel bintang lima bagi nasabah baru. Ada juga cashback Rp5 juta untuk transaksi debit tiga bulan pertama dan layanan Concierge Premium yang mencakup reservasi jet pribadi, wellness trip, hingga medical evacuation.
Nasabah BTN Private bisa menikmati layanan eksklusif di BTN Private Outlet/Lounge yang berlokasi di Menara 2 BTN Kuningan, Pondok Indah, dan Surabaya. Nixon menekankan layanan ini bukan hanya soal produk keuangan, tetapi juga gaya hidup, nilai hidup, dan kenyamanan nasabah yang effortless dan berkelas.
Logo dan warna BTN Private juga dirancang eksklusif, dengan font hitam dan grafis dusty grey. Warna ini mencerminkan keandalan, kecerdasan, dan kemampuan BTN Private memenuhi kebutuhan finansial dan gaya hidup nasabah secara premium.
Integrasi dengan Ekosistem BTN
Melalui BTN Private, nasabah dapat mengakses ekosistem BTN yang luas, mulai dari produk perumahan, layanan non-perumahan, hingga investasi seperti obligasi, reksa dana, asuransi, dan valuta asing. Layanan ini diharapkan memperkuat loyalitas nasabah serta menjadi benchmark baru layanan premium di Indonesia.
Nixon menegaskan, BTN Private dirancang agar elegan, hangat, personal, dan bermakna. Dengan konsep ini, BTN ingin memastikan setiap nasabah dapat menjalani perjalanan hidup dan bisnisnya dengan pendampingan yang mengerti ritme dan kebutuhan eksklusif mereka.
Artikel ini menegaskan bahwa strategi BTN dalam membangun layanan Private Banking tidak hanya berfokus pada aset dan jumlah dana kelolaan, tetapi juga pengalaman nasabah yang holistik. Dengan demikian, BTN Private hadir sebagai solusi premium bagi nasabah yang mengutamakan kemewahan, kenyamanan, dan nilai investasi jangka panjang.